Sejak dunia secara gradual mulai menerima internet sebagai bagian yang penting bagi kehidupannya, maka sejak itulah dunia manusia ikut tergeser ke dunia internet itu sendiri. Sesuai dengan konsep dasar dari internet yang memberikan kemampuan konektivitas dengan seluruh computer di bumi ini maka manusiapun juga dapat “terkoneksi” dengan manusia lain di lokasi dn waktu yang berbeda. Dahulu orang harus menempuh perjalanan yang jauh hanya untuk bertemu dengan saudara, berkuda siang malam untuk berdagang, dsb namun saat ini perjalanan itu tidaknyalah mutlak lagi. Dengan internet seorang dapat berjumpat secara virtual dengan keluarganya, saudaranya, rekannya maupun musuhnya dalam waktu dalam hitungan milidetik.

Kembali lagi mengenai pergeseran gaya hidup manusia dalam jaman internet, hal ini tidak terlepas dari sifat manusia untuk berinteraksi dan dan berdagang. Secara ekonomi manusia banyak memakai internet sebagai sarana melakukan aktifitas ekonomi. Mulai dengan menyediakan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan, orang lain dapat mengakses informasi tersebut dari website yang ditampilkan untuk produk dan jasa tersebut. Kehadiran system dan pemain baru dalam kancah internet memberikan nuansa baru dalam bentuk ekonomi di dunia maya itu. Misalnya saja Google yang pada awalnya dikembangkan dalam lingkungan akademisi, kemudian mampu merajai di dunia internet berkat kehandalan maupun tipe bisnis yang dikembangkan. Kono katanya wallstreet pun dibuat harus mengikuti peraturan Google dalam aturan go-public-nya Tidak hanya itu, Google mampu meraup dollar dalam waktu yang singkat dan dalam jumlah yang besar. Sisi lainnya adalah Google mampu membuat skema bisnis baru, iklan yang didasarkan pada text, page rank dan dsb. Sepertinya pengen buat blog tersendiri buat Google ini ...

Pembahasan selanjutnya mengenai bisnis di Internet ini, dari beberapa hasil surfing dan pengalaman yang saya lakukan di Internet dapat dibuat ringkasan bisnis yang bisa kita lakukan sembari kita beredar di dunia internet ini. Mulai dari bisnis yang membaca iklan, klik iklan, sampai dengan melakukan lelang untuk mendapatkan project. Kita mulai dengan Get Paid Program / Paid to Program / Program berbayar..

  1. Get paid program / paid to program / program berbayar, merupakan program dimana pengunjung atau peserta dibayar berdasarkan promo yang diberikan untuk melakukan cara promosi tersebut. Misalnya get paid to read email / paid to read email (PTR) à dibayar untuk membaca email/klik URL, get paid to click / paid to click (PTC) à dibayar untuk klik URL yang disediakan di website penyedia program, paid to sign-up maka peserta akan dibayar untuk sign-up di suatu website sampai dengan menjadi member. Ada beberapa tipe yang dapat ditemukan di internet dari model ini, yaitu :
    1. Get paid to read email / paid to read email (PTR) akan dibayar jika pengunjung atau peserta membaca email beserta meng-klik URL yang disediakan dalam email tersebut. Peserta diwajibkan untuk klik URL tersebut dan akan harus dibuka (dan dibaca?) dalam durasi waktu tertentu. Ada yang mewajibkan dibuka dalam waktu 10 detik, 30 detik bahkan ada yang sampai dengan 150 detik. Besarnya bayaran dari membaca email (dan membuka URL tentunya) ini berkisar antara 0.001$ s/d 200$. Pembayaran account peserta biasanya dilakukan setelah peserta mencapai angka minimum pembayaran (minimum payout). Setelah peserta mencapai angka minimum payout tersebut peserta dapat meminta (request payment) ke pemilik website (administrator). Uang anda akan ditransfer ke rekening online dan sudah diakui dan diterima diseluruh pembayaran online, rekening yang dipakai biasanya memakai paypal (www.paypal.com) e-gold (www.e-gold.com), Alertpay (www.alertpay.com) dsb. Biasanya referral sangat berfungsi dalam skema ini.
    2. Get paid to click / paid to click (PTC), peserta harus mendaftar dulu ke website penyedia. Setelah disetujui / di approve oleh pemilik maka peserta dapat login dalam melakukan click terhadap iklan-iklan sponsor. Iklan tersebut harus dibuka (dan dibaca idealnya) dalam durasi waktu tertentu. Biasanya referral sangat berfungsi dalam skema ini.
    3. Get paid to listen / paid to listen, dalam hal ini radio. Beberapa pilihan radio ada dalam program ini dan jika kita login kemudian mendengarkan siaran radio tersebut maka setiap menit akan diberikan bayaran sekitar 0.0002. Kecil memang, namun jika setiap hari rajin online dan diteruskan ke minggu, bulan dan tahun maka hasilnya akan terlihat. Ditambah dengan fungsi refferal yang akan semakin membeirkan prospek yang cemerlang.
    4. Get paid to sign-up, akan dibayar jika kita melakukan sing-up ke website yang dipromosikan.
    5. Get paid to play game, dibayar untuk bermain game di website tertentu
    6. Get paid to fulfill the survey. Dalam program ini peserta akan diberikan beberapa tipe dan jenis survey. Selanjutnya survey ini harus kita isi dan sebagai balasannya kita akan dibayar sesuai dengan harga survey yang kita kerjakan.



Posted in Label: , , , , , Diposting oleh Kedai Bisnis di 15.04.00

0 komentar:

 
Copyright 2005-2007. Hello Wiki designed by Fen, Blogger Templates by Blog Tutorial.